Ayam Goreng Kampung Rasa Eighties

Ayam Goreng. Foto : Istimewa

Ayam Goreng. Foto : Istimewa

Di jalan Pahlawan, Bogor, persis di mulut Gang Aut, ada warung ayam goreng kampung terkenal dengan kelezatannya sejak 1980-an. Warung Doyok, demikian orang-orang di sekitarnya mengenal warung sederhana yang mulai buka sejak pukul 10 pagi setiap harinya.

Meskipun sederhana, Warung Doyok mampu menyedot banyak pelanggan. Ratusan ekor ayam kampung di tempat ini selalu ludes, bahkan sebelum jarum jam menyentuh angka tiga di sore hari.

Selama tiga generasi, menu favorit di Warung Doyok adalah ayam goreng kampung. Warung terbagi atas dua area tanpa penutup. Separuh digunakan sebagai tempat pengunjung dan sebagian ruangan digunakan untuk menggoreng ayam. Pelanggan dapat menyaksikan sendiri pesanannya digoreng.

Bagi pecinta ayam kampung, rasa gurih dan wangi ayam goreng lebih terasa dibandingkan ayam goreng negeri. Yang spesial pada ayam goreng kampung Warung Doyok adalah serundeng yang bercampur dengan lengkuas dan kunyit yang selalu disajikan panas-panas.

Aroma ayam yang menggoda dijamin akan membuat pengunjung tak sabar ingin segera melahapnya. Bila ingin, ada juga hati, ampela, tahu, dan tempe goreng, serta menu lain seperti sayur asem yang dapat menemani menu utama.

Seporsi ayam goreng biasanya dilengkapi dengan lalapan seperti daun pohpohan, kemangi, irisan mentimun dan kol yang dicocol ke sambal terasi.  Sepiring nasi yang dipesan kerap bertambah menjadi dua saking nikmatnya bersantap dengan menu ini.

Setelah perut kenyang dan mulut terasa panas karena sambal yang memang dahsyat, perlu minuman segar untuk menghapus rasa pedas. Seporsi es mangga adalah salah satu minuman yang wajib dicoba. Meneguk minuman berisi serutan daging mangga yang asam, air gula dan es batu. Ajiib!

Bagi yang ingin menyantap makanan lain, Warung Doyok menyediakan menu makanan Sunda lainnya, seperti sayur asem, oncom, dan tahu tempe goreng. Minuman lain yang juga bisa dipesan adalah es pala dan aneka jus buah segar.

Salah satu kelebihan kuliner di Bogor adalah harganya yang relatif terjangkau. Harga makanan seporsi ayam goreng dan nasi di tempat ini hanya belasan ribu rupiah. Makan bersama keluarga dengan aneka menu makanan takkan membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam. (Viva.co.id)

Komentar

Makanan