Aparat Bongkar Lapak Pedagang Pantai Padang

Ilustrasi. Pantai Purus Padang. Foto : Istimewa

Ilustrasi. Pantai Purus Padang. Foto : Istimewa

Petugas gabungan yang terdiri dari unsur kepolisian, TNI bersama Satpol PP Kota Padang melakukan pembongkaran terhadap puluhan lapak pedagang dan rumah makan yang berada disepanjang Pantai Padang, khususnya kawasan Batu Grip, Selasa (19/1).

Pembongkaran sendiri dilalukan lantaran para pedagang tidak mengindahkan himbauan dari Pemko Padang.

Sekretaris Daerah Pemko Padang, Nasir Ahmad menyebut, sebelumnya, pihaknya telah memberikan himbauan secara langsung kepada para pedagang agar membongkar sendiri lapaknya. Namun, hingga Selasa pagi, masih ada sejumlah pedagang yang belum melakukan pembongkaran.

“Sudah jauh hari kita sosialiasikan, sampai kemarin kita datangi langsung untuk himbauan, tapi masih ada pedagang yang tidak mengindahkan, dan akhirnya kita bongkar paksa,” katanya kepada wartawan.

Ditambahkannya, ada 70 lapak pedagang terdiri dari 26 pedagang ikan, 35 gerobak dan 3 rumah makan yang ditertibkan. “Kita sebelumnya juga sudah memberikan bantuan kepada para pedagang, berupa bantuan pembongkaran dari Satpol PP, tapi sekarang masih ada juga tidak mengindahkannya,” terangnya.

Selain itu, khusus untuk lapak pedagang ikan tetap diperbolehkan berjualan, namun dengan catatan menggunakan Payung dan Meja. “Untuk pedagang ikan, sementara hanya diperbolehkan berjualan menggunakan payung dan meja, menunggu los ikan selesai pembangunannya,” katanya.

Adapun alasan pihaknya melakukan pembongkaran, karean sepanjang lapak pedagang merupakan kawasan objek wisata. “Sepanjang batu grip itu adalah kawasan wisata, kita ingin objek wisata itu bersih dengan semestinya,” sebutnya.

Saat melakukan pembongkaran sendiri, sempat terjadi perlawanan dari para pedagang yang tak terima lapak dagangannya dibongkar. Bahkan, ada salah satu pedagang yang mengejar petugas menggunakan sebuah benda tajam, saat eskavator akan merubuhkan lapak dagangan mereka.

Komentar

Pantai Padang Pembongkaran Pemko Padang Wisata