Antisipasi Virus MERS, Dinkes Sumbar Himbau Biro Perjalanan Umrah

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Rosnini Savitri. FOTO MEDIA WAWASAN
Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Rosnini Savitri. FOTO/MEDIA WAWASAN

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Barat mengingatkan Biro Perjalanan agar memperketat pelaksanaan Umrah. Peringatan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus MERS-CoV yang ada

“Kita sudah edarkan kepada Biro Perjalanan, terutama ke Timur Tengah agar terus memperkuat kapasitas jemaahnya. Misalnya, Biro dianjurkan tidak memberangkatkan calon jemaah yang kurang Fit (tidak enak badan) atau memang tidak layak untuk diberangkatkan,” kata Kepala Dinkes Sumbar, Rosnini Savitri di Padang, Senin (12/5).

Ia menambahkan, Biro perjalanan juga diimbau untuk melakukan harus melakukan penjagaan ketat dalam mengantisipasi timbulnya pengidap virus tersebut. “Bisa dengan fasilitasi pemberian masker, himbauan dari biro kepada jemaah agar tidak kontak langsung, karena seperti diketahui, virus MERS menular dari debu melalui udara,” jelasnya.

Direncanakan, Dinkes Sumbar sendiri akan melakukan pertemuan dengan Kepal Dinkes se-Sumatera Barat dan pihak Biro Perjalanan untuk penanganan lebih lanjut. “Kita sudah edarkan surat edarannya, dan kita juga jadwalkan akan mengumpulkan seluruh Kepala Dinkes di Sumbar, termasuk pihak Biro Perjalanan untuk koordinasinya.

Rosnini juga menyebut terkait edaran yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI agar calon jemaah usia 60 tahun keatas dan usia 12 kebawah tidak diikutkan dalam pelaksanaan umrah.

“Himbauan itu juga sudah disampaikan, ini juga merupakan langkah dari Kemenkes untuk menghindari penularannya. Karena, anak-anak dan usia lanjut usia diatas 60 tahun rentan terhadap penyakit,” tuturnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT