Antisipasi MERS, Gubernur Himbau CJU Tunda Keberangkatan

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. FOTO/ELSHINTA
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. FOTO/ELSHINTA

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengimbau para calon jemaah Umrah (CJU) maupun masyarakat yang ingin bepergian ke daerah Timur Tengah agar mengurungkan niatnya untuk sementara. Hal ini untuk mengantisipasi dampak adanya masyarakat Sumatera Barat supaya tidak mengidap virus MERS-CoV.

“Kami tidak melarang, tetapi kalau bisa diurungkan dulu sementara. Terutama calon jemaah yang kurang sehat juga untuk sementara waktu tidak pergi dahulu,” katanya di Padang, Selasa (13/5).

Gubernur juga menyebut, walaupun empat pasien sudah dinyatakan negatif atau tidak mengidap virus MERS, pihaknya saat ini masih melakukan kontrol penuh terhadap pengawasan antisipasinya.

“Iya, walau empat pasien sudah negatif, tidak langsung aman. Kita tetap waspada dan harus kontrol selalu, terutama untuk para calon jemaah yang baru pulang umrah kita anjurkan untuk diperiksa kesehatannya,” tuturnya.

Meski demikian, Pemerintah Sumatera Barat sampai saat ini masih menyiagakan ruang isolasi (khusus) pada Rumah Sakit (RS) M. Djamil Kota Padang dan RS Achmad Muchtar sebagai tempat rujukan para pasien terduga virus tersebut.

“Kita sudah siagakan dua rumah sakit, kemarin juga Dinas Kesehatan Sumbar juga telah mengimbau pihak rumah sakit daerah agar membuat ruang isolasi suspect juga,” katanya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT