Antisipasi Kaki Gajah, Dinkes Padang Bagikan Obat Massal

Kaki Gajah

Ilustrasi.

Sebanyak 761.097 obat kaki gajah telah dibagikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang kepada masyarakat. Langkah ini dibuat untuk pencegahan dini penyakit kaki gajah di Kota Padang.

“Hampir seluruh warga Padang telah mengkomsumsi obat pencegahan penyakit tersebut. Dirata-ratakan, target yang dicapai oleh Dinas Kesehatan sudah 92 persen,” kata Kepala Dinkes Padang, Feri Mulyani di Padang, Rabu (2/11).

Feri menyebut, pemberian obat tersebut tidaklah dipungut biaya, alias gratis. “Ini merupakan program kami pada tahun 2016 yang berakhir 31 Oktober 2016,” jelasnya.

Dijelaskan Feri, walau program sudah berakhir, tetapi masyarakat yang belum mendapatkan tetap bisa memperoleh obat tersebut pada puskesmas yang ada disekitar tempat tinggal.

“Bagi masyarakat yang belum mendapatkan obatnya, kami himbau untuk datang ke Puskesmas mengambil obat tersebut,” katanya.

Untuk diketahui, Dinkes Kota Padang menemukan 33 kasus penyakit kaki gajah di Kota Padang sepanjang tahun 2016. Tak hanya itu, beberapa waktu, melalui survei antibodi yang dilakukan pada dua Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Padang Timur, terdapat tujuh orang anak yang positif menderita penyakit kaki gajah.

Pemberiaan obat kaki gajah dilakukan setelah Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan Kota Padang agar memberikan obat massal ulang satu kali lagi pada tahun ini.

Komentar

Dinkes Padang Kaki Gajah