Amankan Pemilu 2014, Polda Sumbar Akan Terjunkan 6.285 Personel

ilustrasiKepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) akan menerjunkan 6.285 personelnya yang tersebar pada seluruh Polres di Sumbar guna mengamankan gangguan Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 mendatang.

Tetapi, operasi Mantap Brata 2014, Polda Sumbar menurunkan 1.045 personel yang terdiri dari Brimob Anti-anarkis, polisi anti huru-hara, penjinak bom, dalmas, roda dua pengurai masa, anjing pelacak, polisi peraiaran, intel, reskrim dan petugas kesehatan.

“Total yang terlibat dalam pengamanan pemilu itu ada sekitar 6.285 personel. Tetapi, untuk Mantap Brata 2014, kita turunkan sebanyak 1.045 personel,” jelas Karo Ops (Kepala Biro Operasional) Polda Sumbar, Kombe Pol Suwardi di Padang, Selasa (25/2).

Dikatakan, Suwardi, Senin (24/2) kemarin telah dimulai latihan operasi terpusat Mantap Brata 2014 di Lapangan Lanud Tabing, Kota Padang. Latihan ini akan terus dilakukan dalam empat hari kedepan hingga berakhir pada Kamis (27/2).

Nantinya, pada hari terakhir akan dihelat pergelaran pengamanan pemilu yang akan dilakukan oleh seluruh personel yang terlibat dalam operasi Mantap Brata 2014 tersebut.

“Semua personel harus terampil dalam mengatasi persoalan yang diperkirakan akan banyak timbul pada pemilu nanti. Disinilah kita melatih para personel agar semuanya dapat berjalan lancar,” katanya.

Tim pengamanan ini sendiri akan terhitung mulai bertugas pada 16 Maret hingga 9 April 2014, kecuali pada minggu tenang. “Tak hanya di ruang lingkup Polresta Padang maupun Polda Sumbar saja, tetapi gelaran latihan operasi ini juga dilakukan untuk seluruh Polres di Sumbar,” tuturnya. [W]

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT