Ada Mahasiswa Termuda di UGM

Mahasiswa Termuda UGM, Nida Aqidatus Solimah. Foto : Okezone

Mahasiswa Termuda UGM, Nida Aqidatus Solimah. Foto : Okezone

Siapa sangka, ada mahasiswa termuda di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Namanya adalah Nida Aqidatus Solimah. Usianya baru 15 tahun. Namun, Nida sudah menyandang status sebagai mahasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Bahkan, dia menjadi mahasiswa termuda di sana. Sejak menempuh studi di SD Al Irsyad, Purwokerto, Nida memang mengikuti kelas akselerasi. Alhasil, dia hanya butuh lima tahun untuk menamatkan pendidikan dasar.

Kemudian, sistem percepatan kembali dia jalani saat menjadi siswa di SMPN 1 Purwokerto dan SMAN 1 Purwokerto. Setiap jenjang pendidikan menengah diselesaikan Nida hanya dalam waktu dua tahun.

“Jika normal, saya masih kelas 1 SMA. Saya masuk UGM karena ayah saya lulusan S-2 di-sini,” kata Nida saat di temui dalam acara Gebyar Menwa di UGM Senin (1/8).

Di UGM, gadis berjilbab ini masuk jurusan vokasi D-3 rekam medis. Terbiasa menyelesaikan studi dalam waktu singkat, anak pasangan Suryanto (43) dan Yuniantin (39) itu mengaku ingin cepat lulus dan melanjutkan kuliah S-1.

“Saya juga berencana kuliah S-2 karena ingin jadi dosen,” ucapnya.

Gadis kelahiran 16 Juni 2001 itu masuk UGM melalui ujian tertulis, karena siswa akselerasi tidak bisa ikut SNMPTN. Dia pun diterima bersama 8.745 orang mahasiswa baru lainnya.

Sebenarnya Nida sudah mendaftar pada program studi Matematika di jenjang S-1, namun ia tidak lulus ujian. Kini, dia akan memulai hari-hari sebagai mahasiswa termuda di UGM.

Selama beberapa hari di UGM, Nida tidak kesulitan dalam bersosialisasi dengan mahasiswa lainnya yang tentunya berusia lebih tua darinya. “Selama di sini tinggal di kos sekitar Blimbingsari,” ujarnya.

Acara pembukaan pembelajaran mahasiswa baru di UGM sendiri dihadiri oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, sebagai ketua umum Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama).

(Okezone)

Komentar

Mahasiswa Termuda UGM Universitas