Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Ada Batu Bara Ditumpukan Sampah di Pantai Padang

Benda yang diyakini Batu Bara di Pantai Padang. Foto : Istimewa

Hujan intensitas tinggi ditambah angin yang cukup kuat terus terjadi pada sejumlah daerah di Sumatera Barat, terutama di Kota Padang, semenjak tiga hari belakangan.

Hal itu membuat Pantai Padang dipenuhi oleh sampah, namun uniknya ada benda hitam mengkilat mirip batu bara antara tumpukannnya.

Berdasarkan pantauan Kabarpadang, Rabu (4/1/2017), terlihat benda hitam yang berukuran kecil hingga besar sekitar 300 meter pada tumpukan sampah yang menghiasi bibir Pantai Padang.

Warga sekitar, Maryulis mengungkapkan, jika peristiwa ini kerap terjadi setelah adanya hujan deras disertai angin melanda Kota Padang. Dimana, membuat benda-benda yang ada ditengah laut menyebar menuju tepian pantai.

“Sering seperti ini, kalau hujan deras, apalagi badai. Tidak hanya kali ini saja,” ungkapnya kepada wartawan.

Ia sendiri tidak tahu darimana asal benda yang serupa batu bara tersebut. “Saya tidak tahu pasti dari mana datangnya batu bara tersebut, kemungkinannya ini terbawa arus dari atas (hulu) aliran sungai,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Padang, Medi Iswandi membenarkan akan tumpukan benda mirip batu bara tersebut.

Medi sendiri mengatakan, dugaaan sementara benda itu merupakan batu bara yang berasal dari tumpahan kapal tongkang.

“Asumsi saya seperti ini. Banyak tongkang yang membawa batubara melintas di lepas pantai padang. Tongkang tersebut jika dihempas badai batu baranya sedikit banyak akan tumpah ke laut,” katanya kepada wartawan.

Medi menjelaskan, batu bara itu ringan mirip dengan kayu, dimana merupakan bahan organik. Apabila terjadi badai, batu bara yang halus dan butiran kecil diyakini akan terbawa oleh gelombang laut ke bibir pantai.

“Kejadian bukan sekali ini. Hampir setiap badai terjadi hal seperti ini. Ditambah lagi karena badai dan hujan sampah yg dari hulu sungai serta sampah yang dari dasar laut terangkat ke atas dan terdampar ke pantai. Kami berusaha membersihkannya. Semoga bisa selesai beberapa hari ini,” pungkasnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT