Abu Vulkanik Letusan Gunung Marapi Tiba di Batipuh

Gunung MarapiGunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat semenjak Rabu (26/2) kemarin mengalami letusan. Sejumlah daerah pun mengalami hujan abu, tetapi masih dalam intensitas sedang.

Kepala PGA (Pemantau Gunung Api) Sumbar, Warseno menyebutkan, letusan gunung Marapi tidak bisa dipantau secara visual lantaran tertutup kabut. Sedangkan, hujan abu tipis dialami oleh masyarakat yang berada di Kecamatan IX Koto Barat Daya dan Selatan Nagari Batipuh, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar.

“Marapi saat ini selalu diselimuti kabut asap dari kebakaran hutan yang terjadi di Riau dan Sumatera Barat,” jelasnya saat dihubungi via seluler, Kamis (27/2).

Warseno menyebut, rekaman alat seismograf yang berada di pos pemantauan Gunung Marapi mencatat terjadi leutsan besar pada Rabu sekitar pukul 16.15 WIB.

Data Sesimograf PGA juga mencatat selama Februari 2014, Gunung Marapi Sumbar mengalami 74 aktivitas. Dari jumlah tersebut, aktivitas letusan tercatat sebanyak 4 kali.

Sementara, Kepala BPBD Sumbar Yasid Fadhli mengatakan pihaknya akan kembali mempertimbangan Gubernur Sumbar menerbitkan surat edaran kesiagaan terkait aktifitas Marapi. “Kita akan kembali memberikan pertimbangan kepada Pak Gubernur Sumbar untuk menerbitkan lagi surat edaran kesiagaan,” pungkasnya.

[Afiliasi : KlikSumbar]

Editor : WAN

 

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT