Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

756 Narapidana LP Muara Gunakan Hak Pilih

Lapas LP Muara Padang
Lapas LP Muara Padang

Sekitar 756 narapidana yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Muara menggunakan hak pilihnya di TPS 10 dan 11, Kota Padang, Rabu (9/7). Kedua TPS tersebut berada dalam LP Muara yang terdiri dari 18 petugas KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara).

Kepala LP Muara, Destri Syam menyebutkan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdaftar pada TPS 10 sebanyak 388 pemilih dan TPS 11 sebanyak 398 pemilih.

“Total pemilih yang memilih itu sebanyak 786 pemilih, itu sendiri tidak semuanya narapidana, ada 30 pemilih itu merupakan pegawai yang bertugas saat pencoblosan,” katanya.

Ia menambahkan, menimalisir angka Golongan Putih (Golput), pihaknya juga mengaku telah mensosialisasikannya kepada seluruh para narapidana.

“Kita sudah himbau narapidana agar memilih, karena itu juga merupakan hak mereka sesuai dengan UU No 8 tahun 2012 yang berisi bahwa setiap warga Negara yang telah berusia 17 tahun berhak menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Sementara itu, berbeda saat Pemilu Legislatif (Pileg) lalu, saat Pemilu Presiden (Pilpres) tidak ada napi yang bebas. “Untuk Pilpres tidak ada narapidana yang bebas,” singkatnya.

 

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT