33 Tim Ikut Andil Kejuaraan Dayung Festival Langkisau

Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan

33 tim dayung tingkat nasional mengikuti lomba perahu dayung nasional pada gelaran “Festival Langkisau 2016” bertempat di Pantai Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Festival ini sendiri sudah mulai berlangsung semenjak Sabtu (16/4) lalu.

“Lomba perahu dayung merupakan rangkaian kegiatan rutin Pesisir Selatan pada Festival Langkisau yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kali ini lomba dayung tradisional ini diikuti 33 tim dari berbagai daerah di Sumbar,” kata Koordinator Lomba Dayung Festival Langkisau, Raflenova Yulanda di Painan, Senin (18/4).

33 tim tersebut terdiri dari 18 tim yang didominasi oleh atlet lokal. Diikuti tim dayung dari Padang yakni Yonif 133 Padang, Tim Satpol PP Sumbar, Tim Dayung TNI AL Bungus, Tim PODSI Sumbar dan lainnya.

Sedangkan dari Kabupaten maupun Kota lainnya yang ikut andil pada lomba dayung tersebut adalah Tim Agam, Solok, Payakumbuh dan lainnya. Tim dayung tuan rumah atau dari daerah setempat diantaranya Tim Polres Pesisir Selatan, Tim Api-Api, Teluk Betung dan Muaro Painan.

Selain memperebutkan piala bergilir, kepada tim pemenang pada pertandingan tersebut, panitia juga menyediakan hadiah uang pembinaan bagi juara I, II dan III serta kepada juara harapan.

Berdasarkan rencana “Lomba Dayung” itu akan berlangsung hingga Selasa (19/4) besok. Kejuaraan Dayung tersebut mempertandingkan satu nomor dengan 12 orang pendayung (atlet). Pada pertandingan tersebut berlaku sistem gugur.

Seperti sebelumnya, lomba dayung digelar pada Laut Painan dengan rute sepanjang 800 meter. Dengan garis Start (mulai) dari Batu Kareta Carocok Painan dan Finish (selesai) pada tempat pelelangan ikan (TPI) Carocok Painan.

Hadiah utama yang disediakan panitia terhadap pemenang berupa uang kontan tambah tropi.

Wakil Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan, para peserta diharapkan tetap menjaga sportifitas dalam berkompetisi dalam pertandingan ini.

“Kita berharap pacu dayung ini dapat dijadikan sebagai ajang promosi bagi kabupaten yang memiliki potensi bahari ini sehingga ke depan pengunjung wisata semakin ramai ke daerah ini, ” katanya

(ikhwan)

Komentar

Dayung Festival Langkisau Olahraga Pemerintah Wisata