3 November 2018, Tour de Singkarak Kembali Dihelat

Tour de Singkarak.

Iven balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) kembali digelar tahunan ini. Iven bersakala Internasional tersebut dijadwalkan akan dimulai pada 3 November 2018, mendatang. Setidaknya, ada 16 Kabupaten dan Kota yang berpartipasi, dan dibagi menjadi delapan etape.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Oni Yulfian mengatakan, survei tahap pertama telah dilakukan terhadap etape-etape pada pergelaran TdS 2018.

“Survei tahap pertama sudah dilakukan. Kalau ada rute etape yang belum bisa dilalui, kita skip saja, karena keselamatan pesepeda harus dijaga,” kata Oni pada rapat koordinasi terkait penyelenggaraan TdF tahun 2018 di Padang, Rabu (5/9/2018).

Oni menyebutkan, jika jarak antara penginapan dan garis Start (mulai), begitu pun Finish (akhir) ke hotel untuk tahun ini lebih diperpendek. Sehingga, tidak menyulitkan atlet untuk menuju ke arena lomba.

Kemudian, Kepala Bagian Pengendali Operasi Polda Sumbar, Reko Indro Sasongko mengatakan, jika rute yang direncanakan masih memiliki kendala pada sejumlah titik.

Menurut Reko, setelah evaluasi pertama dilakukan beberapa waktu lalu, ditemukan adanya galian pipa PDAM yang masih menganggu lintasan pesepeda nantinya.
Katanya, galian pipa ini ditemukan di jalur etape I, Bukittinggi menuju Sijunjung dan etape 2 Sawahlunto menuju Dhamasraya.

Selain jalan rusak, Reko menyebutkan, kalau pada jalur etape yang dilewati masih ada jalan rusak, material yang menumpuk memakan badan jalan, dan adanya perbaikan drainase.

“Selain itu kawasan pasar yang nanti dilewati pesepeda juga menjadi laporan kerawanan jalur TdS nanti,” kata Reko.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi Erwin Umar meminta agar panitia melalukan untuk pemindahan jalur rute. Pasalnya, kata Erwin, kawasan Aur Kuning saat ini ramai.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT