25 Mahasiswa Asal Sumbar Dikabarkan Terjebak di Yaman

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Sekitar 25 Mahasiswa dari Sumatera Barat (Sumbar) dikabarkan masih terjebak dalam konflik yang terjadi di Yaman. Para mahasiswa sendiri saat ini masih terjebak di Kota Aden, Yaman.

Hal ini terungkap setelah salah seorang mahasiswa asal Padang, Asyam Hafiz melakukan interaksi melalui WhatsApp Messenger kepada orang tuanya. Dimana, dirinya menyebutkan dia bersama 25 orang temannya berada di pemukiman warga yang letaknya sekitar 100 meter dari kampus tempat ia berkuliah.

Orang tua Hafiz Edi Asman menyebutkan, saat ini sang anak masih belum dapat dievakuasi dan bersembunyi di rumah masyarakat setempat.

“Saat ini dia (Hafiz) sudah diselematkan warga disana. Dia bilang, dia terjebak dengan 25 orang temannya,” katanya kepada wartawan di Padang, Selasa (7/4).

Menurutnya, berdasarkan yang disampaikan Hafiz, kondisi Kota Aden masih mencekam. Bahkan, Hafiz sendiri sempat mengabadikan melalui video sekitar pukul 11.00 WIB kepada orang tuanya.

“Macam-macam yang terlihat, ada kepulan asap hitam dari ledakan bom yang ditembakkan kepemukiman warga,” jelasnya.

Saat ini, 25 mahasiswa tersebut masih menunggu bantuan berupa evakuasi dari Pemerintah Indonesia. Mengingat, fasilitas seperti bandara dan pelabuhan yang menghubungkan Kota Aden dengan pihak luar sudah dalam keadaan hancur.

Selain itu, disebut Hafiz kepada orang tuanya, dia bersama rekan-rekannya sudah mencoba ke Pelabuhan, namun selalu gagal.

“Sudah dua kali sampai ke Pelabuhan, tapi pemberontak menguasai pelabuhan, dan digempur oleh Arab Saudi. Beruntung, mereka selamat karena cepat kembali,” terangnya.

Sementara itu, Hafiz menyebut sempat berupaya mencapai Oman, dimana zona evakuasi.

“Saya larang, karena itu sangat berbahaya, saya meminta agar menunggu dulu berita dari Pemerintah,” pungkasnya.

Komentar

Konflik Yaman Mahasiswa