23 September, 61 Naskah Kuno Dipamerkan di Museum Adityawarman

Museum Adityawarman. Foto : Istimewa
Museum Adityawarman. Foto : Istimewa

Sebanyak 61 naskah kuno akan dipamerkan bertempat di Museum Nagari Adityawarman, Kota Padang pada 23 September mendatang. Pameran ini juga akan diiringi dengan diskusi naskah kuno yang digelar oleh UPTD Museum tersebut.

Kepala UPTD Noviyanti di Padang, Jumat (19/9), mengatakan pihaknya telah menyiapkan 61 naskah kuno untuk dipamerkan kepada masyarakat.

“Naskah kuno tersebut di antaranya Al Qur’an, kumpulan hadis, syair, gurindam dan sejumlah naskah kuno lainnya,” jelas Noviyanti.

Museum juga telah menghubungi beberapa orang narasumber untuk mengisi sesi diskusi, di antaranya peneliti sejarah Unand, Gusti Adnan.

“Pameran dan diskusi tersebut diharapkan akan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti penting naskah kuno untuk lebih mengenal sejarah dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya,” sambungnya.

Novi mengungkapkan pameran dan diskusi akan dibuka untuk umum, namun sasaran utama adalah kalangan pendidik dan siswa. “Kita berharap banyak masyarakat yang mengunjungi pameran ini,” tuturnya.

Pameran itu menurut dia juga akan menampilkan naskah kuno yang berasal dari keturunan kerajaan Indrapura di Pesisir Selatan. “Naskah kuno ini belum banyak dikenal oleh masyarakat,” singkatnya.

(Sumber : Antara)

Loading...

Comment