Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

21 Calon Komisioner KPID Sumbar Uji Kelayakan

Rino Zulyadi, SS., M.Pd., salah satu peserta fit and propert test KPID
Rino Zulyadi, SS., M.Pd., salah satu peserta yang mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan KPID Sumbar.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) melakukan Fit and Proper Tes (Uji Kelayakan dan Kepatutan) kepada 21 calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar, Jumat (6/12). Uji kelayakan dan kepatutan kali ini dilakukan oleh Anggota Komisi III DPRD Sumbar dengan dipimpin oleh Ylman Hadi, Ketua Komisi III.

Setelah uji kelayakan dan kepatutan dilaksanakan, akan langsung dilakukan penilaian terhadap 21 calon. Lalu akan dirampungkan menjadi tujuh orang sebagai Anggota KPID Sumbar serta tujuh orang lagi sebagai cadangan.

“Ada 21 calon yang kita lakukan uji kelayakan dan kepatutan, dan akan dinilai, lalu kita rampungkan menjadi tujuh orang anggota dan tujuh orang cadangan” ujar Yulman Hadi di DPRD Sumbar, tadi siang.

Sebelumnya, Komisi III juga telah mengajukan uji publik terhadap 21 calon KPID tersebut, dan hasilnya tak ada keberatan publik terhadap hasil seleksi itu.

“Kita sebelumnya sudah mengajukan uji publik terhadap seluruh calon, dan tak ada yang keberatan terhadap hasilnya” tuturnya.

Sementara, Zulkifli yang juga merupakan Anggota Komisi III DPRD Sumbar menyebutkan, dari delapan yang telah menyelesaikan tes, seluruhnya dapat memahami esensi dari KPID tersebut.

“Saya berharap kepada tujuh orang yang terpilih nantiny dapat memiliki keahlian yang berbeda dalam menyikapi penyiaran khususnya di Sumbar, ada yang berkompeten di dunia televise maupun radio” ujarnya di DPRD Sumbar, tadi siang.

Direncanakan pelantikan terhadap ketujuh orang terpilih akan dilakukan pada awal Januari 2014 mendatang. Sedangkan untuk tujuh cadangan akan diserahkan kepada Gubernur Sumbar untuk dikeluarkan Surat Keputusan (SK), bahkan Gubernur tidak mempunyai hak mengubah yang telah diputuskan oleh DPRD Sumbar.

Adapun nama yang telah diuji publik dan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan diantaranya adalah Benny Wahyudi (Pegawai Negeri Sipil), Hendry Allen (Swasta), Yumi Arivati (Swasta), Afriendi (Pengacara), Ade Faulina (Swasta), Fitria Rosadi (Penyiar), Mardhatillah (Pengacara), Zelfeni Wimra (Swasta), Deri Rizal (Swasta), Dahnil Aswad (Dosen), Mediana Desvita (Swasta), Mulhendri (Swasta), Afrianto Korga (Penyiar), Erna Yuniarti (Ketua Yayasan), Edwin Hasan (Swasta), Ardian (Swasta), Musfahriza Melany (Mahasiswa), Rino Zulyadi (Wartawan), Decky Primadona (Swasta), Irdamsyah (Pensiunan Pegawai Negeri Sipil) dan Wirnita Eska (Komisioner KPID).

Uji kelayakan dan kepatutan berakhir sekitar pukul 17.00 sore tadi, dan diperkirakan hasilnya akan dirampungkan akhir tahun 2013, mengingat pelantikan yang diadakan pada awal tahun 2014 mendatang.

 

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT