Hati-hati dalam Memilih Alat Masak!

Ilustrasi Alat-alat Masak (ciricara.com)

Ilustrasi Alat-alat Masak (ciricara.com)

Ternyata dalam proses memasak bukan hanya bahan makanan saja yang perlu selektif dalam memilihnya. Namun, alat-alat yang digunakan pun juga harus diperhatikan dengan cermat agar tidak membahayakan kesehatan orang yang akan memakan masakan tersebut.

Bahkan, banyak alat-alat masak yang mampu mengubah makanan menjadi racun yang jika dikonsumsi secara terus menerus dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Untuk itu, ketahui beberapa jenis alat masak berbahaya yang tidak layak digunakan untuk memasak, seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.
Wajan anti lengket
Memasak dengan wajan anti lengket memang efisien, namun bukan berarti bebas efek samping. Lapisan anti lengket pada wajan terbuat dari bahan bernama asam perfluorooctanoic. Ketika wajan dipanaskan, zat ini masuk ke dalam makanan dan masuk ke dalam tubuh. Jika terjadi dalam waktu jangka panjang, ini dapat mengakibatkan tumor.
Alternatif wajan yang lebih aman adalah cast iron atau alat masak dari besi
Alat masak dari tembaga
Alat masak yang terbuat dari tembaga dan nikel juga tak kalah berbahaya. Itu karena, ketika dipanaskan, tembaga dan nikel menghasilkan banyak racun yang dapat masuk ke dalam makanan dan tubuh Anda.
Untuk itu, ganti alat masak tembaga Anda dengan alat masak yang terbuat dari stainless steel atau baja anti karat. Tak hanya aman, memasak dengan alat masak dari baja anti karat juga menyehatkan. Itu disebabkan oleh suhu panas yang merata sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memasak pun menjadi berkurang.
Alat masak dari aluminium
Hindari memasak dengan alat masak dari aluminium dalam waktu yang lama. Hal tersebut meningkatkan risiko meningkatnya kadar aluminium yang meleleh. Jika meresap ke dalam makanan dan masuk ke dalam tubuh, ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer’s. Meski begitu, alat masak dari aluminium tidak begitu berbahaya dibandingkan alat masak anti lengket.
Namun, Anda bisa menggunakan keramik sebagai alternatif alat masak aluminium. Wadah dari keramik bisa Anda gunakan untuk memasak makanan di microwave.
Wadah plastik
Memanaskan makanan di wadah plastik di dalam microwave dapat membahayakan kesehatan. Wadah plastik dapat meracuni makanan di dalamnya. Itu karena kandungan bisphenol A (BPA) di dalamnya. Jika masuk ke dalam tubuh maka akan meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan menyebabkan kenaikan berat badan.
Alat masak dari timah
Anda wajib mengetahui apakah alat masak yang Anda miliki di rumah mengandung timah. Itu karena timah sering digunakan untuk melapisi alat masak dan membuatnya menjadi berwarna dan berkilau. (viva.co.id)
Komentar

Alat Masak Dapur memasak