Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

11 Tahanan Polresta Padang Nyoblos

Ilustrasi. Foto MenitTV
Ilustrasi. Foto MenitTV

Pemilu Presiden (Pilpres) tidak hanya diikuti oleh masyarakat umum, tetapi juga para tahanan polisi yang berada di Polresta Padang.

Setidaknya 11 dari 28 tahanan yang ada mengikuti pesta demokrasi lima tahunan tersebut, Rabu (9/7).

“Pencoblosan untuk tahanan dilakukan pukul 10.40 WIB dekat ruang tahanan. Saat pencoblosan itu dikawal oleh anggota KPU Padang beserta saksi kedua belah pihak dan kami,” kata Kapolresta Padang, Kombes Pol. Wisnu Andayana.

Ia menyebut, para tahanan yang turut mencoblos sebanyak 11 orang, sedangkan 17 lainnya tidak bisa mengikuti pencoblosan. Pasalnya, 17 tahanan itu tidak berasal dari warga Kota Padang, ditambah tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Untuk tahanan lainnya atau tahanan Polsek, mereka melaksanakan pencoblosan di masing-masing Polsek,” jelasnya.

Selain itu, sistem pencoblosan para tahanan ini tetap sama, hanya saja pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang langsung mendatangi mereka dan surat suara mereka juga turut diantarkan.

“Hal tersebut memang sengaja dilakukan agar keamanan dan menghindari tidak ada tahanan yang kabur saat pencoblosan berlangsung,” tuturnya.

Sementara, terkait kondisi keamanan di Kota Padang, Kapolres menyebut hingga sore tadi masih berjalan aman dan lancar.

“Hingga sore ini (kemarin,red) belum ada ditemukan gejolak atau kejadian terkait pencoblosan Pilpres 2014. Kami pun berterima kasih kepada masyarakat Kota Padang yang telah ikut menjaga keamanannya di masing-masing lingkungannya,” ujarnya.

(Cici Gustria)

Editor : Ikhwan

Komentar
BERITA TERKAIT