10 Tips Merawat Kulit Kencang dan Sehat

Ilustrasi Kulit. Foto : Istimewa

Ilustrasi Kulit. Foto : Istimewa

Seiring dengan bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan pada wajah pun menjadi problem yang kerap dikeluhkan banyak wanita. Namun, jika Anda rajin merawat kulit dengan produk yang tepat, Anda bisa menikmati kulit yang senantiasa kencang dan sehat.

Untuk itu, cobal ikuti 10 tip berikut ini:

1. Beberapa problem kulit wajah seperti iritasi disebabkan oleh penggunaan moisturizer yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Karena itu, jika Anda memiliki:
– kulit berminyak, gunakan lotiontanpa kandungan minyak atau oil free
– kulit kering, gunakan krim yang bertekstur padat dengan kandungan yang kaya akan air
– kulit sensitif, pilih produk tanpa kandungan wewangian (fragrance free).

2. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. sebaiknya Anda mencoba produk terlebih dahulu. Hindari area kulit wajah, sapukan produk sedikit di sisi leher agar dapat ditutupi dengan rambut jika mengalami reaksi. Apabila telah melewati tes selama 3 hari, berarti Anda dapat melanjutkan produk tersebut. Apabila produk memiliki kandungan yang mudah menyebabkan iritasi seperti retinol atau alpha hydroxy acids tetap menggunakan pembersih dasar tanpa antioksidan dan tidak menyebabkan pengelupasan.

3. Pilih tabir surya yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet. Sayangnya, menurut para ahli wanita sangat jarang menggunakan tabir surya yang cukup
sehingga kondisi kulit lebih cepat berkerut dan rawan terkena kanker kulit. Untuk itu, gunakan spf 30 setiap pagi sehabis mandi. Sementara jika banyak beraktivitas di luar ruangan, gunakan spf 45.

4. Untuk perawatan kulit di malam hari, gunakan lotion yang memiliki kandungan retinol. Apabila kulit menjadi kemerahan, baurkanĀ  pelembab terlebih dahulu dan aplikasikan saat kulit dalam keadaan kering.

5. Bila Anda membutuhkan serum, pilih formula hyaluronic acid (HA). Untuk mengurangi garis halus dan menjaga kulit tetap kencang, retinol menjadi kandungan yang ampuh. Sedangkan Untuk menyamarkan bintik hitam, coba serum dengan kandungan kedelai (soy).

6. Pori-pori besar muncul disebabkan karena tersumbatnya kulit mati serta minyak. Cara yang paling cepat untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan pembersih yang mengandung 5 dan 1 persensalicylic acid.

7. Jika kulit wajah Anda berminyak, gunakan beberapa produk berikut:
– Pelembab dengan spf. Spf menjadi kunci karena sinar matahari dapat menstimulasi produksi minyak.
Foundation bubuk untuk membantu menyempurnakan riasan. Bila Anda terbiasa menggunakan liquid foundation, taburkan sedikit bedak pada permukaan kulit.
– Kertas minyak. Gunakan kertas dari plastik yang dapat menyerap minyakdan dapat digunakan tanpa merusak riasan.

9. Pastikan Anda memilih concealer yang mudah membaur. Pilih warna yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Karena Warna yang lebih terang akan mengundang perhatian di sekitar mata.

10. Bintik-bintik hitam relatif muncul seiring bertambahnya usia. Untuk menyamarkannya jika:
– kondisi masalah ringan: gunakan krim dengan kandungan retinol yang tinggi.
– kondisi masalah serius: konsultasikan dengan dokter ahli kulit untuk mendapatkan krim
yang tepat.

(Pesona.co.id)

Komentar

Tipsker