1.119 Dosen Sudah Tersertifikasi di Universitas Andalas

Universitas Andalas. Foto : Wikipedia

Universitas Andalas. Foto : Wikipedia

Tahun 2016, Universitas Andalas (Unand) telah memiliki 1.366 tenaga dosen, dimana 1.119 diantaranya sudah memiliki sertifikasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unand, Prof Dachriyanus menyebutkan, jika dosen sertifikasi terbanyak dimiliki oleh Fakultas Kedokteran.

“Fakultas Kedokteran menjadi fakultas terbanyak yang memiliki dosen tersertifikasi dengan seratus lima puluh tujuh orang,” katanya di Padang, Kamis (6/10/2016).

Sedangkan untuk posisi kedua adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan dosen bersertifikasi sebanyak 150 orang, diikuti dengan fakultas pertanian sebanyak 126 orang.

Kemudian, Fakultas Teknologi Informasi menjadi yang terkecil memiliki dosen bersertifikasi hanya sebanyak empat orang, jumlah ini juga sesuai dengan dosen yang dimiliki fakultas baru sebanyak 17 orang.

“Selain terbanyak dosen bersertifikasi, masih banyak juga dosen belum bersertifikasi di fakultas Kedokteran dengan empat puluh orang,” tuturnya.

Jumlah ini muncul dikarenakan proses di Fakultas Kedokteran sedikit berbeda dengan fakultas lainnya. Terbanyak kedua dosen belum bersertifikasi pada fakultas Teknik dengan 37 orang. Khusus Teknik hal ini harus dikebut pengurusannya mengingat akan ikut penilaian akreditasi internasional ABET.

Sebab pada penilaian akreditasi tersebut kualitas dosen dan sertifikasinya ikut menentukan tercapainya akreditasi tersebut. “Semakin banyaknya dosen bersertifikasi akan mendukung beberapa capaian kampus di nasional dan internasional,” ujarnya.

Sebagai contoh dalam hal mengejar pencapaian kampus berbadan hukum yang membutuhkan lebih 60 persen dosen bergelar Doktor tentu yang tersertifikasi. Kemudian bagi individunya, dosen bersertifikasi memiliki kelayakan hidup dan fasilitas lebih dari yang belum.

Selain itu secara kompetensi dosen bersertifikasi sudah layak disejajarkan dengan dosen bersertifikasi lain di kampus lain.

Hal ini jelas akan menguntungkan dosen tersebut dalam hal tupoksinya pada bidang tri dharma perguruan tinggi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

[Antara Sumbar]

Komentar

Dosen Sertifikasi Universitas Andalas